Rabu, 11 November 2009

Pengertian Software

Software atau perangkat lunak dapat diartikan sebagai sekumpulan logam yang tak berguna atau aplikasi yang digunakan untuk menyimpan, memproses dan menampilkan kembali sebuah informasi. Perangkat lunak dapat dibagi menjadi dua macam, yakni program sistem dan program aplikasi.
Program sistem adalah program yang digunakan untuk mengelola operasi komputer. Program sistem ini dan yang paling utama adalah sistem operasi (Operating System) yang berfungsi untuk mengendalikan semua sumber daya dan sekaligus menyediakan sekumpulan layanan sehingga user dapat memanfaatkan seumber daya tersebut.
Program aplikasi adalah program yang dibuat untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi oleh seorang user. Program aplikasi yang sering bisa dijumpai adalah seperti Microsoft Office, Corel Draw, Adobe Photoshop, dan lain-lain.
Sebagai tambahan sebuah komputer hanyalah terdiri dari mesin dan transistor yang tak memiliki fungsi apa selama masih belum ada software sistem dan software aplikasi. Sejatinya software adalah jembatan user dengan mesin (hardware). Sebuah komputer memiliki prosesor, memori, terminal, disk, dan lain-lain yang merupakan sebuah perangkat keras yang sangat kompleks. Oleh karena itu untuk mengelola itu diperlukan sebuah program untuk mengatur dan mengelola hardware tersebut sehingga dapat diperintah sesuai dengan keinginan manusia.
Software digunakan untuk mengelola semua bagian komputer dan tampil ke depan pengguna sebagai sebuh antarmuka (interface) atau sebagai virtual machine yang lebih mudah untuk dipahami dan diprogram yang kemudian dikenal sebagai pemrograman sistem atau lebih mudahnya disebut sistem operasi. Diatas program sistem terdapat program aplikasi yang dibuat oleh produsen software yang bisa digunakan sebagai problem solving yang dihadapi oleh user.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar